Rossi Masih Belum Pasti di Aragon
Valentino Rossi merasa cukup positif dengan kondisinya setelah melakukan dua kali latihan bebas, Jumat (22/9/2017). Pebalap Movistar Yamaha ini merasa kembali percaya diri saat menggeber YZR-M1.
Memang dari hasil dua kali latihan Rossi keteteran hingga barisan belakang. Pada sesi pertama (FP1), The Doctor menyelesakikan pada urutan ke-18, sementara di FP2 melorot hingga ke-20, tapi catatan waktu yang dibuat Rossi lebih tajam dari FP1, yakni 2 menit 01,917 detik.
Hasil positif lain yang dirasakan Rossi adalah ia merasa lebih baik saat mengendarai motor.
"Saya merasa cukup nyaman, juga karena posisi motor lebih baik dibandingkan YZR-R1M yang saya gunakan saat tes pribadi. Saya bisa mengendarai motor tanpa banyak kesakitan, kondisi kaki saya juga membaik, bengkak pada kaki juga tidak membesar, saya merasa tidak terlalu buruk," ucap The Doctor yang disitat dari Motorsport, Jumat (22/9/2017).
Rossi juga merasa beruntung menggeber M1 pada lintasan basah yang diakui banyak menolong saat melakukan sesi latihan. Menurut pebalap asal Italia ini, secara fisik mengendari motor di lintasan basah jauh lebih mudah, tidak perlu banyak usaha, namun memang lebih berbahaya kerena risiko membuat kesealahan menjadi lebih besar.
Kepastian
Saat disinggung mengenai kepastian mengikuti balap di Aragon, Rossi hanya menjawab tergantung dari kondisi. Bila trek basah, maka ia tidak akan memiliki masalah, sebaliknya saat lintasan kering menurut Rossi banyak menuntut kekuatan fisik, terutama kaki dan bagian tubuh lainnya.
"Saya harus berkendara dengan banyak usaha, pada lengan dan bahu karena saya tidak punya tenaga di kaki untuk melakukan pengereman, jadi sedikit lebih menuntut. Anda juga harus menggerakan motor dari sisi satu ke yang lain di lintasan kering, dan ketika sepenuhnya merebah anda harus berasa di luar motor," ucap Rossi.
Menurut pebalap 38 tahun ini, mengendarai R1 dan M1 cukup berebeda. Saat membawa R1 seperti membawa M1 pada lintasan basah, karena R1 lebih normal. Saat memacu M1 dalam kondisi kering, Rossi mengatakan harus memposisikan badan di luar motor, pada kondisi basah tidak masalah, tapi untuk lintasan kering harus menunggu kondisi saat pengujian.
“Jadi jika saya merasa cukup baik, saya mencoba membuat sesuatu yang normal dan memahami apakah itu mungkin,” kata Rossi.
Hasil FP2 MotoGP Aragon ;
1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 59.858s [Lap 8/10] 324km/h (Max)
2. Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (GP17) 2m 00.072s +0.214s [10/12] 325km/h
3. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 2m 00.320s +0.462s [16/16] 323km/h
4. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 00.459s +0.601s [7/9] 326km/h
5. Karel Abraham CZE Pull&Bear Aspar (GP15) 2m 00.471s +0.613s [13/15] 326km/h
6. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 00.482s +0.624s [11/13] 328km/h
7. Sam Lowes GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)* 2m 00.585s +0.727s [10/11] 319km/h
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP17) 2m 00.962s +1.104s [4/6] 324km/h
9. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 01.015s +1.157s [5/7] 322km/h
10. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 01.042s +1.184s [8/10] 327km/h
11. Alvaro Bautista ESP Pull&Bear Aspar (GP16) 2m 01.103s +1.245s [13/16] 328km/h
12. Jack Miller AUS EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 2m 01.149s +1.291s [3/7] 322km/h
13. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 01.350s +1.492s [11/14] 322km/h
14. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 01.471s +1.613s [10/11] 322km/h
15. Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 01.492s +1.634s [12/12] 326km/h
16. Scott Redding GBR Octo Pramac (GP16) 2m 01.516s +1.658s [10/11] 325km/h
17. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 2m 01.632s +1.774s [12/12] 324km/h
18. Jonas Folger GER Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 2m 01.745s +1.887s [13/14] 325km/h
19. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac (GP17) 2m 01.810s +1.952s [9/14] 328km/h
20. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 2m 01.917s +2.059s [6/13] 321km/h
21. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2m 02.077s +2.219s [15/16] 323km/h
22. Tito Rabat ESP EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 2m 02.392s +2.534s [16/18] 326km/h
23. Loris Baz FRA Reale Avintia (GP15) 2m 02.677s +2.819s [5/12] 318km/h
24. Hector Barbera ESP Reale Avintia (GP16) 2m 02.935s +3.077s [13/16] 326km/h
2. Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (GP17) 2m 00.072s +0.214s [10/12] 325km/h
3. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 2m 00.320s +0.462s [16/16] 323km/h
4. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 00.459s +0.601s [7/9] 326km/h
5. Karel Abraham CZE Pull&Bear Aspar (GP15) 2m 00.471s +0.613s [13/15] 326km/h
6. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 00.482s +0.624s [11/13] 328km/h
7. Sam Lowes GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)* 2m 00.585s +0.727s [10/11] 319km/h
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP17) 2m 00.962s +1.104s [4/6] 324km/h
9. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 01.015s +1.157s [5/7] 322km/h
10. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 01.042s +1.184s [8/10] 327km/h
11. Alvaro Bautista ESP Pull&Bear Aspar (GP16) 2m 01.103s +1.245s [13/16] 328km/h
12. Jack Miller AUS EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 2m 01.149s +1.291s [3/7] 322km/h
13. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 01.350s +1.492s [11/14] 322km/h
14. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 01.471s +1.613s [10/11] 322km/h
15. Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 01.492s +1.634s [12/12] 326km/h
16. Scott Redding GBR Octo Pramac (GP16) 2m 01.516s +1.658s [10/11] 325km/h
17. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 2m 01.632s +1.774s [12/12] 324km/h
18. Jonas Folger GER Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 2m 01.745s +1.887s [13/14] 325km/h
19. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac (GP17) 2m 01.810s +1.952s [9/14] 328km/h
20. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 2m 01.917s +2.059s [6/13] 321km/h
21. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2m 02.077s +2.219s [15/16] 323km/h
22. Tito Rabat ESP EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 2m 02.392s +2.534s [16/18] 326km/h
23. Loris Baz FRA Reale Avintia (GP15) 2m 02.677s +2.819s [5/12] 318km/h
24. Hector Barbera ESP Reale Avintia (GP16) 2m 02.935s +3.077s [13/16] 326km/h
Post a Comment